Jumat, 11 April 2014

Pondok Pesantren Daarul Falah

Lembaga pendidikan Islam pondok pesantren Daarul Falah ini berada di negara kesatuan Republik Indonesia, pada salah satu propinsi yang baru-baru ini memisahkan diri dari propinsi Jawa Barat yaitu propinsi Banten, tepatnya di Kp. Masigit, Ds. Carenang Udik, Kec. Kopo Serang Banten. Lokasi pesantren ini berada di antara perbatasan Serang-Tanggerang yang jarak antara lokasi pesantren ke jantung kota Serang dan Tanggerang + 30 km. Tanah yang ditempatinya adalah tanah wakaf dari K.H. Muhammad Sana (alm) sekaligus sebagai salah satu penggagas, pendiri dan yang memprakarsai pondok pesantren ini berdiri dengan luas tanah + 300 m.
Secara geografis, Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Modern Daarul Falah ini berada di wilayah Serang berbatasan dengan Tanggerang. Sebelah Barat berbatasan dengan Kp. Pasir Buah, Desa Carenang, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang Banten, sebelah Timur berbatasan dengan Kp. Muhara, Desa Jayanti, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tanggerang Banten, sebelah Selatan berbatasan dengan Kp. Lame Agung, Desa Carenang, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang Banten, sedangkan sebelah Utara berbatasan dengan Kp. Babat, Desa Carenang, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang Banten.
Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Daarul Falah Serang Banten didirikan pada tanggal 25 Mei 1986 oleh K.H. Muhammad Sana (alm) bersama putranya Drs. K.H. Ahmad Khudlori. Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Daarul Falah dilatar belakangi oleh: (1) sebagai kelanjutan dan pengembangan dari pendidikan MI Nurul Falah yang dirintis sejak tahun 1948 oleh K.H. Muhammad Sana (alm), (2) untuk menampung lulusan Madrasah tersbut yang tidak dapat meneruskan pendidikan yang lebih tinggi di luar desa carenang, (3) kebutuhan masyarakat akan pendidikan, karena masyarakat carenang dan sekitarnya adalah masyarakat yang nota bene tidak mampu (IDT) sehingga tidak bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi sekalipun ada itu jaraknya + 10 sampai 15 km dan membutuhkan biaya yang mahal. Sehingga dalam hal pendidikan rata-rata hanya menamatkan MI/ SD.
Pada tahun 1986, sekembalinya putra-putri K.H. Muhammad Sana (alm) dari Pondok Pesantren Daarur Rahman, dibangun sebuah Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren yang bernama “Daarul Falah” tepatnya pada tanggal 25 Mei 1986 M, di Kampung Masigit, Desa Carenang, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang Banten. Tujuan pendiri pesantren ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan, menyebarkan agama Islam, dan mencetak kader-kader pemimpin ummat mempuni. Pada awal pendiriannya sarana yang ada di pesantren ini cukup sederhana yaitu: 1 buah bangunan dengan jumlah ruangan 3, dan asrama tempat santri berupa gubuk bambu yang dibuat oleh santri sendiri di atas lahan seluas + 300 m, dengan jumlah santri 40 orang santri. Namun berkat kesungguhan dan ketekunan perintis dan pendiri Lembaga Pendidikan ini akhirnya dapat berkembang, hal ini dapat dilihat dari kemajuan bidang fisik yaitu terus berkembangnya jumlah bangunan, yang dulu hanya satu bangunan dan asrama yang terbuat dari bambu, hingga memiliki ruangan kelasyang kini berjumlah 12 buah, santri dari 40 orang santri kini mencapai + 350 orang santri, asrama yang terbuat dari bambu kini telah memiliki asrama yang permanen dengan 12 kamar untuk santri, dan dari 4 orang tenaga pengajar kini mencapai 28 orang tenaga pengajar. Hasil wawancara dengan beberapa keluarga pondok dan pimpinan ( 12 Januari 2002).

6 komentar:

  1. KrEeeenn abiissssssssss bosss

    BalasHapus
  2. KrEeeenn abiissssssssss bosss

    BalasHapus
  3. Saya salah seorang orang tua yang ingin memasukan anak nya ke Pondok Pesantren. Mohon informasi biaya pertahun berapa ? biaya pendaftaran ? biaya masuk ? biaya bulanan (SPP) ?? makasih sebelum nya.

    BalasHapus
  4. Saya salah seorang orang tua yang ingin memasukan anak nya ke Pondok Pesantren. Mohon informasi biaya pertahun berapa ? biaya pendaftaran ? biaya masuk ? biaya bulanan (SPP) ?? makasih sebelum nya.

    BalasHapus
  5. Mohon info utk pembiayan masuk pesantren dan bayaran per blnnya

    BalasHapus