Jumat, 29 Januari 2016

UJIAN AKHIR SANAH



"Diberitahukan kepada seluruh santri kelas enam bahwa Ujian semester genap pondok Pesantren Daarul Falah akan segera dilaksanakan pada tanggal 12 mei 2014 . " begitulah gambaran kecil detik detik menghadapi akhir ujian kelas enam yang di sosialisasikan oleh ketua panitia ujian Ust. Ahmad Dimyati, Sos.I (_red)

gejala-gejala penat tahunan tegang serius pusing dan lainnya yg dihadapi santri mulai terlihat jelas ketika ujian tiba.........!
maka di pekan ini pasti jarang terlihat wajah yg sumeh and beneh..!!!! smuanya ruwet and semrawut........hi...hi.........hi.! Tapi suasana belajar santri mulai terimprovisasi, mulai dari bangun pagi hingga menjelang tengah malam....ya mungkin dengan do'a kita membawa beberapa perubahan buat mereka ya ! khususnya untuk ketenangan hati biar facenya agak cerah !!!!!!
Detik demi detik tak terasa telah berlalu. Pondok Peaantren Daarul Falah sekarang memasuki akhir tahun pelajaran 2013/2014 dan seperti lembaga pendidikan lainnya, Pondok Pesantren Daarul Falah mengadakan Ujian Akhir Pondok yang akan menguji sampai sejauh mana pemahaman para santri akan pembelajaran yang telah didapatkan selama satu tahun ajaran  .
Tanggal 5 mei 2014 ujian syafahi di Pondok Pesantren Daarul Falah dimulai , dilanjutkan dengan ujian tahriri tanggal 12 mei 2014 dan akan selesai pada tanggal 22 mei 2014 . sedangkan pada tanggal 26 mei 2014  baru akan dimulai ujian syafahi untuk kelas satu sampai kelas lima dilanjutkan ujian tahriri tanggal 2 juni 2014 . Ujian Syafahi adalah ujian lisan dimana para santri/ santriwati akan memasuki ruangan ujian dan berhadapan langsung dengan guru penguji. Dalam ujian ini tidak hanya diperlukan pemahaman yang mendalam akan pelajaran namun juga mental dan keberanian jiwa santri. lamanya ujian ini adalah 6 hari , yakni 2 hari Ujian Bahasa Arab , 2 hari Ujian bahasa Inggris dan 2 hari terakhir adalah ujian ibadah mencakup fikih dan tatacara ibadah , meliputi Tartil Qur'an, Hifdzul Qur'an wad du'a dan praktek tayammum, wudhu dan sholat. Ujian Tahriri merupakan ujian tulis dimana seluruh pelajaran telah dipelajari para santri/santriwati selama satu tahun pengajaran di kelas yang berbeda. Akhirnya, Selamat berjuang dan menempuh Ujian. Semoga selamat sampai di pulau impian.
"BIQODRIL KADDI TUKTASABUL MA'ALI MAN THOLABAL 'ULA SAHIROL LAYALI
Akhirnya santri kelas enam bisa bernafas lega setelah hampir dua bulan menyelesaikan Ujian Akhir Sekolah, Ujian Akhir Pondok, dan Ujian Akhir Nasional. Wajah kusut, pusing dan lelah mereka yang selama sebulan ini jelas terlihat sedikit demi sedikit memudar berganti dengan senyum lebar dan wajah ceria.
Apapun nanti hasil dari semua ujian itu, lulus atau tidak, semuanya tinggal bertawakal kepada- Nya. Untung mengisi kekosongan hari menunggu diprosesnya nilai ujian sampai menjelang haflah at tahrij nanti, santri kelas enam membuat kegiatan dengan kerja bakti membersihkan lingkungan pondok dan diantara mereka ada yang memilih untuk ikut mengerjakan pemasangan panggung acara”mudah mudahan acaranya dapat berjalan dengan lancar” Ujar Herisanjaya saat dimintai harapannya
Di sisilain Panitia disibukan dengan berbagai macam kegiatan dalam menyusun acara dan penyedian tempat untuk tamu undangan khususnya orang tua wisudawan - wisudawati angkatan dua puluh empat, Kepiyawan panitia dalam membuat guyonan dan candaan disela kesibukan mampu mencairkan suasana sehingga tidak nampak rasa lelah dan letih dalam pengerjaan tempat acara, di tengah kesibukan, canda dan tawa akhirnya saya mencoba menghampiri santri kelas tiga “buat kaka ku mudah mudahan ilmu yang didapatkan selama dipondok berkah dan bermanfaat di masyarakat  a..min” tutur samroh santri kelas tiga sambil tersipu malu.
Pada akhirnya semua pasti akan berharap semoga santri kelas enam yang akan diwisuda mendapatkan ilmu yang berkah dan bermanfaat serta dapat mengamalkannya di masyarakat .selamat buat kelas enam semoga sukses_   Bae 017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar