Jumat, 29 Januari 2016

PERINGATAN MAULID BAGINDA NABI DAN ROSUL

 Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1435 H Bertempat di Aula Ponpes Daarul Falah, peringatan Maulid Nabi  yang dilaksanakan pada hari Selasa (04/02).

dihadiri oleh ribuan santri dan wali santri, segenap jajaran Dewan guru pondok pesantren Daarul Falah

Dengan penceramah bapak kiyai H. Drs Ahmad Khudlori MM. MPd. “Dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW,Kita ” merupakan tema yang diangkat dalam peringatan maulid tahun ini. Tema tersebut sejalan dengan semangat perubahan yang diemban oleh seluruh santri dan masyarakat pada umumnya Bapak pimpinan pondok yang sekaligus mubalig pada acara maulid tersebut dalam ceramahnya beliau menekankan pada dua hal yaitu: urgensi pembangunan sumber daya manusia dan menjadi pribadi dan bangsa yang percaya diri. Berkaca pada sosok Nabi Muhammad SAW dengan ajaran, suri tauladan dan akhlak yang dimiliki, dapat menjadi acuan bagi seluruh santri dan masyarak pada umumnya dalam melaksanakan seluruh aktivitas kehidupan sehari-hari. Selain itu dapat juga untuk membangkitkan motivasi agar dapat belajar dengan sungguh-sungguh, bersemangat dan bertanggungjawab. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW membawa hikmah bahwa nilai spiritual yaitu keimanan dan ketaqwaan dapat menjadi landasan lahirnya pribadi yang bermoral, beretos kerja tinggi serta ulet dalam kondisi apapun

 

Kegiatan maulid nabi Muhammad SAW dilaksanakan di aula ponpes Daarul Falah mengundang tawa ribuan jamaah yang terdiri dari santri dan wali santri. Ceramah yang beliau sampaikan sangat bagus, lugas dan mudah dipahami oleh para jamaah dan saya melihat anak-anak sangat menyimak dan antusias,dengan apa yang beliau sampaikan "ujar panitia ustad Taufik yakin. LC . Ketika diwawancarai oleh tim redaksi. Hal ini sangat sejalan dengan tujuan dari pelaksanaan dan tujuan dari peringatan maulid nabi yang di selanggarakan oleh panitia yang ingin membentuk santriawan dan santriawati yang berakhlak mulia dan berprestasi dalam bidang akademik dan moral. 

Peringatan Maulid nabi Muhammad saw 1435 H diwarnai dengan aksi dan atraksi santri dengan berbagai penampilan yang di pertunjukan mulai dari pembacaan barjanzi,  marawis,  qosidah, shalawat,  nasyid,  dan pidato tiga bahasa, atraksi yang di ikuti oleh santri yang ikut berpartisipasi dan lolos dalam audisi itu merasa bangga dan bahagia menjadi salah satu peserta yang ikut mengisi acara" ujar Ahmad Aliyudin  (santri kelas 4)

Di sisi lain pada hari itu juga ahad (2-14) dilaksanakan nya pembagian raport hasil ujian semester ganjil pondok pesantren Daarul Falah seluruh santri dari mulai kelas 1 samapai kelas 6 ketegangan dan rasa penasaran menyelimuti santri  dan wali santri ketika jumlah nilai dan juara kelas di umumkan,  Rahmat( santri kelas2d) ketika di minta untuk menyebutkan berapa nilai raportnya " ga aa,,,,hh maluu" sambil tersipu malu

Tak hanya sampai disitu tim redaksi mencoba mendekati anak yg sedang tersenyum penuh kegembiran tepatnya di kelas gedung umar bin khatab setelah di hampir ternyata anak tersebut adalah santri kelas 1 (satu F ) bersama wali kelasnya kami mencoba menghampiri dan meminta beliau untuk memberikan kesan dan pesan  terhadap peserta didiknya khususnya kelas 1 F umumnya pada santri yang lain

"Alhamdulilah semuanya mendapat nilai yang cukup baik meski belum sesuai dengan harapan,  karna untuk kelas satu f sendiri sudah belajar maksimal meski masih ada beberapa yang masih terkesan belum terlalu serius dalam belajar . Saya berharap nanti kedepan kelas satu f mampu bersaing dengan kelas kelas yang lainnya serta mampu bersaing baik dalam intelektual maupun moral"  ujar ust Anas yajid yang memiliki hobi main futsal.

Acara maulid nabi sekaligus pembagian raport pada hari itu berjalan dengan aman tertib dan penuh khidmat. Ahad  _Daarul Falah(26-14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar